Kamis, 18 Oktober 2012

TIPS MENEMBUS OSK/OSP KOMPUTER

Orang bijak berkata, jika ingin memenangkan suatu pertandingan belajarlah kepada para pemenang. Jika ingin sukses dalam bisnis maka belajarlah dengan orang-orang yang bisnisnya sudah sukses. Bahkan, Newton sekalipun yang dinobatkan sebagai pakar Fisika yang paling berpengaruh di abad 19 pun mengakui bahwa kehebatannya itu berasal dari kehebatan orang-orang yang dipelajaringa. Dia memiliki ungkapan yang sangat populer : "Aku bisa melihat cakrawala dengan leluasa karena aku berdiri di pundak para raksasa".
Demikianlah, kisah-kisah kesuksesan manusia. Jika ingin sukses menghadapi olimpiade komputer baik tingkat Kabupaten/kota (OSK) tingkat Provinsi (OSP) maupun nasional (OSN) maka belajarlah dari orang-orang yang pernah mencapai sukses itu. Berikut saya sajikan tulisan kesimpulan sukses menghadapi sukses OLIMPIADE KOMPUTER hingga tingkat nasional yang pernah diperolehnya dengan menyabetmedali perak tingkat nasional dan beberapa medali internasional. Blog aslinya bisa disimak di sini.



Secara umum, materi seleksi olimpiade bidang komputer/informatika terbagi menjadi tiga bagian, yaitu:

Analitik dan Logika

Ini bagian yang mengasah otak; kecerdasan dan kreativitas kita dalam memahami dan menyelesaikan masalah sangat diperlukan di sini.
  1. Beli buku-buku teka-teki logika. Saya tidak tahu sih masih ada atau tidak, tapi seswaktu zaman saya dulu ada banyak buku seperti itu di Gramedia. Kalau ada, beli dan pelajari.
  2. Kerjakan soal-soal logika di internet. Ada banyak kok. Contohnya di BrainBashers.
  3. Main game NDS Prof. Layton and the Curious Village. Hehe serius. Game ini benar-benar mengasah otak dan tipe soalnya pun sangat cocok untuk latihan.
  4. Pelajari tipe-tipe soal tahun lalu, karena biasanya tidak akan beda jauh.
  5. Pelajari buku pelajaran Matematika kelas X bab Logika Matematika.
  6. Kuasai semua hukum de Morgan, silogisme, dan modus-modus dalam penarikan kesimpulan.


ARITMETIKA

Ini sebagian besar merupakan pengembangan dari ilmu yang kita pelajari di sekolah. Jadi, pemahaman materi-materi Matematika di SMA sangat membantu.
  1. Pelajari buku pelajaran Matematika kelas XI bab Peluang.
  2. Kuasai aturan-aturan mencacah (aturan penjumlahan dan aturan perkalian).
  3. Kuasai rumus-rumus kombinatorik seperti permutasi, kombinasi, dan peluang.
  4. Kuasai hukum keterbagian.
  5. Kuasai operasi modulus.
  6. Kuasai matriks dan operasi-operasinya.
  7. Kuasai penyelesaian sistem persamaan linear.
  8. Kuasai deret-deret bilangan yang umum seperti deret Fibonacci, deret bilangan segitiga, dll.
  9. Kalau bisa pelajari materi olimpiade Matematika yang sederhana.
  10. Pelajari teori bilangan.
Tenang saja, materi-materi berat, seperti statistik, kalkulus, dan trigonometri di luar lingkupan dan tidak akan diujikan.

 

ALGORITMA & PASCAL

Nah, ini materi paling sulit karena (biasanya) tidak diajarkan di sekolah. Kita harus berinisiatif sendiri untuk mulai mempelajarinya. Jangan takut, ada banyak sumber di toko buku dan internet.
  1. Beli buku pemrograman Pascal apa saja dan pelajari sintaks-sintaks dasarnya. Tidak perlu mempelajari sampai record/file atau semacamnya, karena belakangan ini OSK/OSP hanya menekankan pada algoritma sehingga yang digunakan adalah bahasa pseudopascal bukan Pascal aslinya.
  2. Pelajari analisis kompleksitas algoritma.
  3. Kuasai fungsi dan prosedur rekursif. Ingat, kuasai bukan hanya pelajari, karena belakangan ini banyak sekali soal semacam ini keluar.
  4. Pelajari algoritma FPB metode Euclid.
  5. Pelajari berbagai algoritma sorting (bubble, insertion, quick, merge, dll) beserta kompleksitasnya.
Tips yang paling penting adalah: latihan, latihan, dan latihan! Kerjakan soal-soal tahun lalu sebanyak mungkin. Bertanyalah kepada senior yang pernah mengikuti OSK/OSP informatika dan minta nasihat.

Referensi Lain

Dan yang terakhir, jangan lupa berdoa dan memohon diberikan yang terbaik.
Good luck!

1 komentar:

http://syarifahrositadewi.blogspot.com/ mengatakan...

thanks :) good luck , semoga saya bisa menang juga

Posting Komentar